PENGERTIAN Augmented Reality
Menurut penjelasan Haller, Billinghurst, dan Thomas (2007), riset Augmented Reality bertujuan untuk mengembangkan teknologi yang memperbolehkan penggabungan secara real-time terhadap digital content yang dibuat oleh komputer dengan dunia nyata. Augmented Reality memperbolehkan pengguna melihat objek maya dua dimensi atau tiga dimensi yang diproyeksikan terhadap dunia nyata. (Emerging Technologies of Augmented Reality: Interfaces and Design).

Teknologi AR ini dapat menyisipkan suatu informasi tertentu ke dalam dunia maya dan menampilkannya di dunia nyata dengan bantuan perlengkapan seperti webcam, komputer, HP Android, maupun kacamata khusus. User ataupun pengguna didalam dunia nyata tidak dapat melihat objek maya dengan mata telanjang, untuk mengidentifikasi objek dibutuhkan
perantara berupa komputer dan kamera yang nantinya akan menyisipkan objek maya ke dalam dunia nyata.
Langkah-langkah memulai
:
1.Setelah alat tempur
diatas disiapkan jalankan aplikasi Unity3D dan buat project baru dengan cara
klik"File->New Project" disini saya membuat project
dengan nama "Marlboro". Jangan lupa di save
(CTRL+S) terserah berinama apa aja untuk Scene. disini saya berinama
"Test1".

2. Lalu klik
kanan pada bagian Assets. Import Package->Costum Package

3.Import
Package SDK Vuforia yang kalian download
tadi.

4.Delete Main
Camera pada Unity
5.Lalu drag ARCamera dan ImagetArget

6.Maka akan terlihat seperti ini:

7.Selanjutnya adalah tahap penyisipan Marker,
yaitu dengan cara double klik pada marker yang telah kalian download tadi atau
yang kalian buat. lalu Import


8.Setelah disisipkan, load marker yang terdapat pada ARCamera di
tab inspector dengan cara klik ARCamera lalu Ceklist
Load Dataset dan Activasi.
9.Tahap berikutnya menentukan ImageTarget untuk marker,
pilih ImageTarget lalu pada Tabinspector tentukan Dataset
dan Imagetarget

10.Setelah marker disisipkan dan telah diload ARCamera, selanjutnya adalah
tahap menyimpan Objek . objek apa yang akan muncul ketika kamera mulai mentracking
marker. mungkin untuk sementara kita gunakan sebuah Cube saja.
apabila ada yang memiliki model 3D lainnya silahkan kalian import.

11.Atur tata letak Cube hingga terlihat di atas marker.
kalian bisa mengubah manual pada bagainTransform.


12.Setelah mengatur posisi objek/ Cube. Sisipkan Cube pada ImageTarget.

13. Hingga terlihat seprti ini.

14.Selanjutnya adalah Tahap Mengcompile atau merubah menjadi file APK untuk
Android agar bisa jalankan di perangkat ponsel Android kalian, Sebenarnya ada
dua cara untuk penginstalan, namu disini saya hanya mnjelaskan penginstalan
menggunkan file .APK yaitu dengan cara Klik File->Building
Setting atau CTRL+Shift+B. pada bagian Platform pilih
Android lalu klik Switch Platformjangan lupa untuk Add
Current untuk menambah Scene
yang kita save tadi
. 

15.Masih di Bulding Setting, Klikplayer Setting dan atur
sperti gambar di bawah.

16.Untuk
seting lainnya seperti Spesifikasi Android kalian bisa atur sesuai dengan OS
android yang kalian gunakan pada Other
Setting. Setelah itu kalian tinggal klik Build . tunggu
hingga proses selesai. Jika disaat pengcompile muncul popout android-sdk-windows baca artikel ini. jika
tidak lanjut tahap ke 17
17.Setealah menjadi
file.APK Instal aplikasi di Android kesayangan kalian. lalu jalankan. :D

Bentuk Cube masih terlihat gelap, untuk menerangkanya tambahkan Directional
Right dengan cara pilih GameObject->Creat
Other->Directional Right. lalu ulangi tahap 16. maka hasilnya akan
seperti ini :

.png)
Sekian tutorial membuat Augmented Reality pada perangkat Android
menggunakan Vuforia dan Unity. Semoga tutorial ini dapat membantu kalian dalam
membangun Aplikasi Augmented Reality. Terimakasih sudah mampir diblog ini
^_^. Bagi yang ingin langsung mencoba silahkan download Project dibawah ini
.png)
silahkan untuk mencoba
Bagikan
Pengertian Augmented Reality Dan Langkah - Langkahnya
4/
5
Oleh
Unknown