Tuesday, August 16, 2016

PENGRTIAN TEMINOLOGI JARINGAN




 TEMINOLOGI JARINGAN



Pengertian LAN  atau Local Area Network adalah suatu perangkat jaringan yang menghubungan komputer yang satu dengan komputer lainnya dengan menggunakan kabel dan router sebagai penyambungnya.

Contoh :
  komputer A dapat disambungkan dengan komputer B dengan menggunakan kabel LAN, namun jika ingin menghubungan Komputer A dengan Komputer B, C dan D maka diperlukan sebuah router (alat pengubung)

 



 Wide Area Network (WAN) adalah sebuah jaringan yang memiliki jarak yang sangat luas, karena radiusnya mencakup sebuah negara dan benua. WAN menggunakan sarana fasilitas transmisi seperti telepon, kabel bawah laut ataupun satelit. Kecepatan transmisinya beragam dari 2Mbps, 34 Mbps, 45 Mbps, 155 Mbps, sampai 625 Mbps (atau kadang-kadang lebih). Faktor khusus yang mempengaruhi desain dan performance-nya terletak pada siklus komunikasi, seperti jaringan telepon, satelit atau komunikasi pembawa lainnya.





Image result for gambar Wide Area Network (WAN



 Metropolitan Area Network atau disingkat MAN adalah jenis jaringan untuk mentransmisikan data atau informasi yang tidak lagi bersifat institusi/ pribadi, tetapi data atau informasi yang bersifat semipublic. Contohnya untuk layanan TV Kabel, Video on Demand, komunitas pendidikan, dan lain-lain.

Pada MAN Hak akses user terhadap informasi yang berada di dalamnya dibatasi oleh berbagai persyaratan. Pada MAN Protokol dan teknologi hampir mirip dengan LAN, yang membedakan hanya terletak pada ukurannya yang lebih besar sehingga disebut dengan MAN, karena MAN merupakan LAN yang berukuran besar. MAN tidak dikelola oleh satu sistem Admin Jaringan. MAN tidak dimiliki oleh suatu institusi, kecuali infrastrukturnya. Setiap orang tidak bisa secara bebas mengakses MAN

 Image result for gambar Metropolitan Area Network



Personal Area Network(PAN) adalah Jaringan komputer atau titik akses yang digunakan untuk berkomunikasi ke berbagai perangkat pribadi seperti komputer, ponsel, telepon, televise, sistem keamanan rumah yang berbasis komunikasi data personal ataupun perangkat komunikasi public seperti internet. Kontrol PAN dilakukan dengan authoritas pribadi. Data yang ditransmisikan oleh PAN bersifat khas dan personal karena digunakan untuk keperluan pribadi. Teknologi dan protokol yang digunakan PAN diantaranya adalah Wifi, Wireless Application Protocol (WAP), Bluetooth, Infrared, dan lain-lain.
Personal Area Network (PAN) adalah

  Desk Area Network (DAN) adalah workstation multimedia berbasis di sekitar interkoneksi ATM. Semua komunikasi antara peripheral dan bahkan antara CPU dan memori utama ini dicapai dengan mengirimkan sel ATM melalui switch fabric. Sebuah ptotipe berdasakan switch fabric Fairisle telah dibangun dan digunakan untuk menyelediki arsitektur.

Hasil gambar untuk desk area network

Bagikan

Jangan lewatkan

PENGRTIAN TEMINOLOGI JARINGAN
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.